Sabtu, Agustus 30, 2008

Belajar MQL4

MQL (Metaquote Language) adalah bahasa standar untuk pemrograman indicator, script, maupun expert advisor (EA) yang digunakan pada platform Metatrader. Disebut mql4 karena platform yang digunakan adalah Metatrader 4. Dengan mql4 bisa dibuat berbagai indicator, script, maupun EA custom sesuai dengan keinginan trader.

Ok, berikut ini saya tampilkan code Expert Advisor (EA) hasil uji coba tahun lalu. Manfaat EA adalah mengotomasi proses transaksi (buy/sell/close order/pending order), sehingga dapat berfungsi sebagai robot trading. EA ini udah saya pakai cukup lama sejak pertengahan tahun lalu, dan awal tahun ini sudah saya tinggalkan karena beberapa kelemahannya. EA ini menggunakan indicator Chandelier. Mungkin EA ini skrg udah agak jadul, tapi walopun demikian masih tetap bagus digunakan sebagai bahan belajar ataupun perbandingan.

Berikut adalah gambaran hasil backtest EA tsb :



Tips :
EA ini harus di optimize dulu untuk mendapatkan parameter terbaik.
Biasanya saya melakukan optimize setiap 1-1.5 bulan sekali.
EA ini direkomendasikan untuk Time Frame 1 Hour pada pair GBPUSD.
Hasil akan lebih optimal apabila EA dikombinasikan secara manual. Ada waktu-waktu dimana penggunaan EA akan memberikan hasil kurang bagus. Jadi untuk transaksi saya mengambil jalan tengah semi EA, dan semi manual.

Tidak ada komentar: